Rabu, 24 Oktober 2007

Kabut dari Microsoft

Sejak pengumuman pertama Vista, para juru bicara Microsoft berlaku seperti para dokter yang sedang menyembunyikan kemungkinan terburuk dari pasiennya. Tuntutan hardware Vista sangatlah besar. RAM sebaiknya minimal 1 GB, lebih baik jika 2 GB. Sebuah graphics card 3D yang cepat dengan RAM sekurangnya 256 MB. Prosesor sebaiknya telah mengadopsi teknologi dual core atau mungkin multi core. Hard disk juga sebaiknya berkapasitas besar dan berkecepatan tinggi. Interface SATA d engan buffer 8 MB menjadi angka minimal. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan RAID 0.

Namun menurut Microsoft, Vista tidaklah terlalu rakus sumber daya. Sebagai batas minimal, Microsoft menyarankan prosesor 800 MHz, hard disk 15 GB, dan RAM 512 MB. Bila data ini bisa dipercaya, setiap PC yang berusia 3 tahun terakhir masih dapat digunakan untuk Vista hanya dengan meng-upgrade RAM. Khusus untuk Aero (jenis tampilan Windows baru), Anda membutuhkan sebuah graphics card DirectX 9.0.

Microsoft sendiri menyediakan sebuah program yang berjalan di Windows XP untuk menguji apakah PC Anda layak untuk Vista berdasarkan tuntutan hardware minimal. Namun, Vista Upgrade Advisor (www.microsoft.com/windowsvista) hanya memberikan jawaban ya/tidak untuk tugas-tugas tertentu dan saran-saran upgrade yang sangat minim. Ia tidak memberi pernyataan sebaik apa sebuah sistem berfungsi di bawah Vista.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda